Rabu, 28 Maret 2012

Sekilas tentang jaringan Komputer

Di dalam membangung sebuah jaringan banyak peralatan yang digunakan , protocol-protokol dan teknologi teknologi jaringan computer.
Jaringan computer merupakan  2 perangkat yang terhubung atau lebih yang saling berkoneksi dan saling berkomunikasi satu dengan lainnya. 

Jaringan computer terdiri atas,
LAN  : local area network
WAN : wide area network
MAN  : metropolitan area network

Dalam jaringan computer dibutuhkan beberapa perangkat keras jaringan, seperti :
-          router
-          Hub/switch
-          Kabel jaringan utp/stp (kabel)
-          Wireless (nirkabel)

Dalam membangun sebuah jaringan terdapat beberapa topologi yang digunakan .
misalnya :
-          Topologi star
-          Topologi mesh
-          Topologi  cincin

Kartu jaringan atau Ethernet card
kartu jaringan merupakan perangkat fisik jaringan yang terdapat dalam personal computer.

Wireless (jaringan nirkabel)
Teknologi jaringan tanpa menggunakan kabel , dengan menggunakan gelombang radio . sehingga dalam fisiknya kita tidak membutuhkan kabel untuk menyambungkan antar computer. Teknologi yang digunakan diantaranya 802.11/b, 802.11/g, 802.11/n dan 802.11/a

Layanan Internet

Teknologi yang digunakan untuk menghubungkan ke Internet berbeda dari yang digunakan untuk menghubungkan perangkat pada jaringan area lokal. DSL, modem kabel dan serat memberikan layanan internet broadband tetap, sementara WiMax dan LTE tambahan dukungan konektivitas mobile. Di wilayah geografis di mana kecepatan tinggi pilihan tidak tersedia, pelanggan dipaksa untuk menggunakan layanan selular yang lebih tua, satelit atau bahkan dial-up internet sebagai gantinya
.

TCP / IP adalah protokol jaringan utama Internet. Sebuah keluarga terkait protokol dibangun di atas TCP / IP memungkinkan Web browser, email dan aplikasi lain untuk berkomunikasi melalui jaringan global. Aplikasi dan komputer menggunakan TCP / IP mengidentifikasi satu sama lain dengan alamat IP yang ditetapkan.

Jaringan routing,switching, dan bridging adalah Jaringan komputer yang paling pesan langsung dari sumber ke perangkat tujuan menggunakan salah satu dari tiga teknik yang disebut routing, switching dan menjembatani. Router menggunakan jaringan informasi alamat tertentu yang terkandung dalam pesan untuk mengirim mereka ke depan untuk tujuan mereka (sering melalui router lainnya). Switch menggunakan banyak teknologi yang sama sebagai router tetapi biasanya mendukung jaringan area lokal saja. Bridging memungkinkan pesan mengalir antara dua jenis jaringan fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar